Senin, 25 Desember 2017

Logo Ambalan Ahmad Surkati Cut Nyak Dien

Logo Ambalan Ahmad Surkati Cut Nyak Dien

Makna dan Arti Logo Ambalan Ahmad Surkati Cut Nyak Dien




1.        Bentuk segilima berwarna dasar merah putih dan berbingkai warna hitam melambangkan jiwa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang selalu mengedepankan jiwa pancasila, dan  bingkai warna hitam sebagai simbol ke netralan.
2.        Lambang tunas kelapa melambangkan ambalan penegak Gerakan Pramuka SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.
3.        Tulisan “Ahmad Surkati/ Cut Nyak Dien ” dan “SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto” melambangkan bahwa “Ahmad Surkati/ Cut Nyak Dien ” adalah nama ambalan dari Gerakan Pramuka Gugusdepan SMA IT Al Irsyad Purwokerto.
4.        Tulisan XI.02.02.3455 – XI.02.02.3456 merupakan Nomor Gugus Depan dari Ambalan Ahmad Surkati/ Cut Nyak Dien.
5.        Lingkaran berwarna kuning melambangkan kemakmuran.
6.        Bentuk hati melambangkan sebuah ikatan jama'iyah atau kelompok orang yang memiliki cita-cita aqidah yang sama yakni islam.
7.        Dua sayap disebelah kiri dan kanan, melambangkan bahwa sebagai perhimpunan Al-Irsyad ditopang oleh kekuatan kaum muslimin maupun kaum muslimat (pria dan wanita).
8.        Dua kitab yang masing-masing dengan huruf QOF sebelah atas dan dengan huruf HA sebelah bawah, dengan punggung kitab disebelah kanan untuk yang atas dan sebelah kiri untuk yang bawah adalah Al-Quran dan Al-Hadist (Sunnah Rosulullah) sebagai dua sumber pokok hukum islam menjadi pegangan perhimpunan.
9.        Perangkai dua kitab dengan huruf DHA melambangkan huruf spesifik dalm bahasa Arab sebagai bahasa utama untuk menggali Al-Quran dan Al-Hadist dan sebagai bahasa pemersatu antar umat Islam.
10.    Sisir melambangkan Al-Musaawaa atau persamaan derajat antara manusia sebagaimana diajarkan oleh Islam. sisir meski panjang gigi-giginya berbeda-beda namun memiliki ketinggian yang sama.prinsip ini bertolak dar hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya "Orang-Orang Islam itu mempunyai kedudukan yang sama antar sesama seperti ratanya gigi-gigi sisir".
11.    Tangan yang menggenggam tangkai penopang sisir melambangkan sebuah pengertian bahwasanya seluruh Irsyadiyyin dan irsyadiyyat sesusuguhnya dimana pun mereka berada bersama berkewajiban untuk senantiasa memegang teguh dan menjujung tinggi prinsip -prinsip persamaan tersebut.
12.    Obor melambangkan bahwasanya perhimpunan ini memiliki misi dan tujuan untuk memberikan penerangan kepada masyarakat tentang ajaran islam yang benar sebagaiman diajarkan oleh Al-Quran dan Al-hadist.



Pemakaian Lambang

A.    Lambang Ambalan Ahmad Surkati:
Lambang Ambalan Ahmad Surkati digunakan sebagai alat pemersatu dan untuk menunjukkan identitas diri sebagai anggota Ambalan Ahmad Surkati dan penggunaan Lambang Ambalan Ahmad Surkati yang berbentuk Badge dipasang di lengan kiri atas bagi anggota gudep yang telah dikukuhkan menjadi anggota Ambalan Ahmad Surkati.

B.    Lambang Ambalan Cut Nyak Dien:
Lambang Ambalan Cut Nyak Dien digunakan sebagai alat pemersatu dan untuk menunjukkan identitas diri sebagai anggota Ambalan Cut Nyak Dien dan penggunaan Lambang Ambalan Cut Nyak Dien yang berbentuk Badge dipasang di lengan kiri atas bagi anggota gudep yang telah dikukuhkan menjadi anggota Ambalan Cut Nyak Dien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar